Kru SpaceX-Polaris Lakukan Perjalanan Luar Angkasa Pribadi Pertama
Tekno & SainsNewsHot

Foto: reuters

Jakarta, tvrijakartanews - Empat awak di dalam kapsul SpaceX memulai perjalanan luar angkasa pribadi pertama di dunia pada Kamis (12/09/2024). Rekaman vidio menunjukkan saat seorang astronaut keluar dari pesawat ruang angkasa Crew Dragon dengan tali ke dalam ruang hampa, ratusan mil dari Bumi.

Miliarder Jared Isaacman, 41, keluar lebih dulu sekitar pukul 6:52 pagi ET (1052 GMT). Setelah kembali beberapa menit kemudian, insinyur SpaceX Sarah Gillis, 30, mengambil giliran di luar angkasa, semua manuver mereka disiarkan langsung di situs web perusahaan.

"Di rumah, kami semua punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi dari sini, Bumi tampak seperti dunia yang sempurna," kata Isaacman setelah keluar dari wahana antariksa, planet itu berkilauan dalam setengah bayangan di bawahnya.

Mengutip reuters, Perjalanan luar angkasa itu dijadwalkan berlangsung hanya sekitar 30 menit, tetapi prosedur untuk mempersiapkannya dan menyelesaikannya dengan aman berlangsung sekitar dua jam. Perjalanan itu dimaksudkan untuk menguji desain pakaian antariksa baru dan prosedur untuk kapsul, di antara hal-hal lainnya.

Isaacman, Gillis, Scott Poteet, 50, seorang pensiunan letnan kolonel Angkatan Udara AS, dan teknisi SpaceX Anna Menon, 38, telah mengorbit Bumi di atas Crew Dragon sejak peluncuran misi Polaris Dawn dari Florida pada hari Selasa sebelum fajar. Menon dan Poteet tetap berada di dalam pesawat antariksa selama perjalanan luar angkasa.